Kamis, 17 Januari 2013

Home » » PEMAHAMAN BURUNG BALON ATAU MBAGONG PADA KACER

PEMAHAMAN BURUNG BALON ATAU MBAGONG PADA KACER


Pemahaman mbagong pada burung kacer
Istilah mbagong atau nguda laut atau mbedesi menunjuk pada perilaku kacer yang memkarkan bulu dan menekuk kepala seperti bentuk kuda laut dan bersuara “cir”.berulang. Pada dasarnya kacer mbagong atau tidak, itu sangat kondisional.
Hanya saja soal kacer mbagong, memang rata-rata kacer mbagong meski munculnya karakter itu antara satu kacer dengan yang lainnjya berbeda-beda. Hal itu juga dipengaruhi oleh kondisi fisik dan mental kacer pada saat itu.
Rata-rata kacer yang jawara pun pernah mbagong. Jadi, harus ada semacam catatan pada kacer kita, dalam kondisi apa dan penyebab apa kacer itu biasanya mbagong dan dalam kondisi seperti yang tidak mbagong jika ketemua kacer lain. Dengan mengetahui hal itu, kita bisa menekan semaksimal mungkin agar kacer tidak mbagong kalau ditarungkan.
Dalam persoalan mbagong dan tidak mbagong ini, bahkan saya berani mengatakan bahwa “tidak ada kacer yang tidak pernah mbagong”. Artinya, kondisi burung kacer memang tidak bisa selalu fit, selalu normal kondisi birahinya dan sebagainya. Dengan demikian, yang paling penting dilakukan adalah menjaga agar burung selalu dalam kondisi fit.
Agar kacer berada dalam kondisi fit, maka asupan pakan dengan vitamin, mineral dan gizi lain yang seimbang harus diperhatikan. Jika burung terlalu banyak bagong dan sulit pulih ke kondisi fit, berarti burung kacer tersebut mengalami disefisiensi mineral. Hal yang perlu dilakukan adalah memberikan terapi mandi pasir.
Burung yang kekurangan mineral manifestasinya bisa macam-macam. Burung kacer misalnya, mudah mbagong. Manifestasi lainnya adalah menunjukkan gejala rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); paralysa (lumpuh) dan juga perosis (tumit bengkak). Pada burung yang baru menetas, bisa terjadi gejala cacat, urat keting (tendo), terlepas sendinya, tercerai (luxatio); paruh meleset, kekurangan darah, pucat dan lemah. Dan hal yang paling sering juga bulu burung mudah patah sehabis mabung, tidak berkilau alias kusam.

atasi kacer membagong sbb:

kacer terlalu birahi malah tak di sukai pehobi.Bulu berdiri,leher di tarik ke belakang,ekor naik,postur burung seperti bola sepak.variasi lagu pun menghilang.suaranya keeer keeer.....kondisi seperti ini di sebut membagong atai mbedesi.

untuk mengatasinya sediakan sarana pelampiasan birahi alias betina untulan.Burung betina ini akan di kejar di patoki.Bisa juga menggunakan jantan muda,bila emosinya gara-gara rasa cemburu.
selain karena birahi membagong bisa juga akibat si burung dipaksa terus tampil di kontes.padahal performa burung lagi ngedrop."akibatnya mental burung hilang."untuk mengobatinya,terkadang harus melakukan seting ulang perawatan.

langkah pertama,droping menu makanan."pemberian jangkrik muali dari 1-5 ekor setiap hari."menu utamanya pur.lalu secara bertahap komposisi jangkrik di tambah.Bulan ke dua,jatah jangkrik bisa 10 ekor.Sementara jumlah pur di kurangi sekitar sesendok makan.begitu seterusnya sampai porsi pur jadi nol dan porsi jangkrik seperti semula.

kebiasan mandi dan menjemur pun harus di rancang kembali.bila sebulan mandi pagi tidak membawa perubahan,coba di ganti mandi sore.perhatikan pula frekuensinya.jika setting perawatan cocok,kacer anda bakal kembali gacor dan bersuara dahsyat...
Share this games :

0 komentar:

Poskan Komentar